Sabtu, 13 Juni 2020

Itil 4 - Pengantar

1. Perkenalan
1.1 Manajemen layanan TI di dunia modern


Menurut Organisasi Perdagangan Dunia, layanan terdiri dari komponen terbesar dan paling dinamis dari ekonomi maju dan berkembang. Layanan adalah cara utama organisasi menciptakan nilai bagi diri mereka dan pelanggan mereka. Hampir semua layanan saat ini diaktifkan oleh TI, yang berarti ada manfaat luar biasa bagi organisasi dalam menciptakan, memperluas, dan meningkatkan kemampuan manajemen layanan TI mereka. Teknologi berkembang lebih cepat hari ini daripada sebelumnya. Perkembangan seperti komputasi awan, infrastruktur sebagai layanan (IaaS), pembelajaran mesin, dan blockchain telah membuka peluang baru untuk penciptaan nilai, dan menyebabkan TI menjadi pendorong bisnis yang penting dan sumber keunggulan kompetitif. Pada gilirannya, ini menempatkan manajemen layanan TI sebagai kemampuan strategis utama. Untuk memastikan bahwa mereka tetap relevan dan sukses, banyak organisasi memulai program transformasional utama untuk memanfaatkan peluang ini. Sementara transformasi ini sering disebut sebagai 'digital', mereka lebih dari sekedar teknologi. Mereka adalah evolusi dalam cara organisasi bekerja, sehingga mereka dapat berkembang dalam menghadapi perubahan yang signifikan dan berkelanjutan. Organisasi harus menyeimbangkan kebutuhan akan stabilitas dan kepastian dengan meningkatnya kebutuhan akan kelincahan operasional dan peningkatan kecepatan. Informasi dan teknologi menjadi lebih terintegrasi dengan kemampuan organisasi lainnya, silo mogok, dan tim lintas fungsi digunakan secara lebih luas. Manajemen layanan berubah untuk mengatasi dan mendukung pergeseran organisasi ini dan memastikan peluang dari teknologi baru, dan cara kerja baru, dimaksimalkan. Manajemen layanan sedang berkembang, dan begitu pula ITIL, panduan paling banyak diadopsi tentang manajemen layanan TI (ITSM) di dunia.

1.2 Tentang ITIL 4
ITIL telah memimpin industri ITSM dengan program bimbingan, pelatihan, dan sertifikasi selama lebih dari 30 tahun. ITIL 4 memperbarui ITIL dengan membentuk kembali banyak praktik ITSM yang telah mapan dalam konteks pengalaman pelanggan yang lebih luas, value stream, dan transformasi digital, serta merangkul cara-cara kerja baru, seperti Lean, Agile, dan DevOps.
ITIL 4 memberikan panduan yang dibutuhkan organisasi untuk mengatasi tantangan manajemen layanan baru dan memanfaatkan potensi teknologi modern. Ini dirancang untuk memastikan sistem yang fleksibel, terkoordinasi dan terintegrasi untuk tata kelola yang efektif dan manajemen layanan yang memungkinkan IT.

1.3 Struktur dan manfaat kerangka kerja ITIL 4 
Komponen utama kerangka kerja ITIL 4 adalah sistem nilai layanan ITIL (SVS) dan model empat dimensi.

1.3.1 ITIL SVS
SVS ITIL mewakili bagaimana berbagai komponen dan aktivitas organisasi bekerja bersama untuk memfasilitasi penciptaan nilai melalui layanan yang didukung IT. Ini dapat dikombinasikan dengan cara yang fleksibel, yang membutuhkan integrasi dan koordinasi untuk menjaga organisasi konsisten. SVS ITIL memfasilitasi integrasi dan koordinasi ini dan memberikan arah yang kuat, terpadu, dan terfokus pada nilai bagi organisasi. Struktur ITIL SVS ditunjukkan pada Gambar 1.1, dan diulangi dalam Bab 4, di mana ia dijelaskan secara lebih rinci.
Komponen inti dari ITIL SVS adalah: rantai nilai layanan ITIL :

  • praktik-praktik ITIL
  • prinsip-prinsip panduan ITIL
  • pemerintahan
  • perbaikan terus menerus.

Rantai nilai layanan ITIL menyediakan model operasi untuk penciptaan, pengiriman, dan peningkatan layanan secara berkelanjutan. Ini adalah model yang fleksibel yang mendefinisikan enam kegiatan utama yang dapat digabungkan dalam banyak cara, membentuk berbagai aliran nilai. Rantai nilai layanan cukup fleksibel untuk diadaptasi ke berbagai pendekatan, termasuk DevOps dan IT terpusat, untuk mengatasi kebutuhan manajemen layanan multimodal. Adaptasi rantai nilai memungkinkan organisasi untuk bereaksi terhadap perubahan tuntutan dari pemangku kepentingan mereka dengan cara yang paling efektif dan efisien.
Fleksibilitas rantai nilai layanan semakin ditingkatkan oleh praktik-praktik ITIL. Setiap praktik ITIL mendukung berbagai kegiatan rantai nilai layanan, menyediakan perangkat yang komprehensif dan serbaguna untuk praktisi ITSM.



 

Prinsip-prinsip panduan ITIL dapat digunakan untuk memandu keputusan dan tindakan organisasi dan memastikan pemahaman bersama dan pendekatan umum untuk manajemen layanan di seluruh organisasi. Prinsip-prinsip panduan ITIL menciptakan fondasi bagi budaya dan perilaku organisasi mulai dari pembuatan keputusan strategis hingga operasi sehari-hari.
SVS ITIL juga mencakup kegiatan tata kelola yang memungkinkan organisasi untuk terus menyelaraskan operasi mereka dengan arahan strategis yang ditetapkan oleh badan pengelola.
Setiap komponen SVL ITIL didukung oleh peningkatan berkelanjutan. ITIL memberikan organisasi dengan model perbaikan yang sederhana dan praktis untuk mempertahankan ketahanan dan ketangkasan mereka dalam lingkungan yang terus berubah.

1.3.2 Model empat dimensi

Untuk memastikan pendekatan holistik untuk manajemen layanan, ITIL 4 menguraikan empat dimensi manajemen layanan, dari mana setiap komponen SVS harus dipertimbangkan. Keempat dimensi tersebut adalah:

  • organisasi dan orang
  • informasi dan teknologi
  • mitra dan pemasok
  • nilai stream dan proses.

Dengan memberikan masing-masing dari empat dimensi jumlah fokus yang tepat, organisasi memastikan SVS-nya tetap seimbang dan efektif. Keempat dimensi dijelaskan dalam Bab 3.


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda