Minggu, 21 Januari 2024

Phase C Data Architecture

 Phase C Data Architecture 1

Hai. Sekarang kita masuk ke Fase C, yang merupakan langkah-langkah arsitektur sistem informasi. Saya akan membaginya menjadi bagian data dan aplikasi secara terpisah di sini. Kita tidak perlu membahas sistem informasi sebagai entitas tunggal karena langkah-langkah arsitektur sistem informasi sebenarnya adalah data dan aplikasi yang dipisahkan. Sistem informasi tidak memiliki langkahnya sendiri. Untuk mengingatkan Anda, Fase C adalah fase ketiga dari siklus, fase keempat dari ADM secara keseluruhan. Kita hanya akan membahas arsitektur data dalam video ini. Ini adalah D dalam BDAT. Tentu saja, mirip dengan arsitektur bisnis, mirip dengan dua langkah berikutnya ... Tujuannya adalah untuk mengembangkan arsitektur dasar dan target serta mengidentifikasi kesenjangan.


Beberapa hal ini mungkin terlihat agak berulang karena keempat domain arsitektur benar-benar diperlakukan dengan cara yang sama. Oke. Dari data bisnis, aplikasi, dan teknologi, ada 9 langkah di masing-masing domain tersebut, dan pada dasarnya langkah-langkah 9 tersebut sama. Demi kelengkapan, kita akan membahas ini dalam bagian terpisah. Kita tidak akan mengelompokkannya semua bersama-sama. Langkah pertama adalah memilih model referensi, sudut pandang, dan alat yang tepat untuk arsitektur data. Anda harus memilih model dan pola arsitektur data yang relevan dari repositori arsitektur berdasarkan penggerak yang diketahui. Kemudian, karena kita berurusan dengan arsitektur data, kita juga harus memilih sudut pandang yang benar. Ketika Anda berurusan dengan arsitektur data, ini adalah tentang bagaimana data mengalir antara departemen, antara aplikasi.


Orang-orang teknologi Anda akan sangat tertarik, tim keamanan akan sangat tertarik pada ini. Bahkan tim bisnis Anda perlu setidaknya memahami bahwa orang di departemen ini memiliki akses ke elemen rekam pelanggan ini, tetapi tidak elemen itu dan jenis pembatasan dan kendala semacam itu. Akhirnya, mirip dengan lagi setiap domain, Anda perlu mengidentifikasi alat. Jika Anda perlu melakukan pemodelan data, ada berbagai alat pemodelan data dan Anda mungkin berakhir dengan kelas dan diagram dan cara data mengalir, diagram alur. Anda perlu mengidentifikasi alat-alat ini. Mari kita masuk ke sub-langkah. Ada 5 sub-langkah di bawah pemodelan data. Tentu saja, yang pertama ... Tentukan proses pemodelan secara keseluruhan.


Tergantung pada organisasi Anda, Anda akan memiliki standar untuk melakukan pemodelan data. Anda mungkin memerlukan analisis yang sangat ekstensif, Anda mungkin tidak. Anda mungkin memiliki dokumentasi data yang sangat banyak. Data sepertinya adalah salah satu area yang biasanya terdokumentasi dengan baik karena Anda berurusan dengan database. Database memiliki alat-alatnya. Anda bisa mencetak diagram kelas atau diagram data langsung dari SQL server. Membuat model data sebenarnya adalah salah satu hal yang lebih mudah, semoga. Referensi sudah ada. Tingkat detail akan bergantung pada organisasi Anda. Langkah 1.2 adalah katalog apa yang Anda butuhkan. Oke. Anda akan mengambil diagram layanan informasi bisnis dari fase arsitektur bisnis, dan membawanya ke sini.


Itu akan mengidentifikasi kepada Anda layanan bisnis apa yang menggunakan data apa. Anda akan melacak kembali dari aplikasi ke fungsi bisnis ke entitas data. Ini akan menghasilkan inventaris. Katalog ini adalah daftar. Inventaris dari data yang diperlukan untuk ditempatkan untuk mendukung visi Anda, ini adalah bahan mentah untuk hal-hal lain, dan katalog data yang disarankan adalah katalog entitas data, komponen data. Langkah 1.3 adalah mengidentifikasi matriks yang diperlukan. Sekali lagi, matriks lebih seperti lembar kerja dari baris dan kolom. Ini menunjukkan hubungan antar sesuatu. Yang disarankan adalah matriks entitas data, matriks fungsi bisnis data, layanan bisnis/informasi. Sekali lagi, kami membahasnya dalam fase bisnis dan jenis matriks data aplikasi. Itu yang disarankan. Saya akan terus pergi di sini.


Langkah 1.4 adalah mengidentifikasi diagram yang diperlukan. Seperti yang kita katakan dalam pandangan bisnis, kita dapat membuat diagram yang berbeda yang menyatakan informasi yang sama dari sudut pandang yang berbeda. Kami memiliki diagram data konseptual, diagram data logis, diagram keamanan, diagram migrasi, dan siklus hidup data. Itu contoh diagram. Terakhir di bawah langkah 1.5 adalah mengidentifikasi jenis persyaratan yang akan dikumpulkan. Anda akan langsung masuk ke persyaratan data. Sekali lagi, setelah Anda membuat persyaratan data, domain aplikasi dan teknologi mengambilnya sebagai input dan itulah mengapa persyaratan data adalah yang kedua. Tujuan dari persyaratan ini tentu saja adalah mengidentifikasi persyaratan apa yang berasal dari bisnis dan kebutuhan pemangku kepentingan yang harus dipenuhi oleh arsitektur. Bagaimanapun, itu adalah langkah satu dari fase kebutuhan data. Kita akan masuk ke langkah 2 dalam video berikutnya, jadi tunggu untuk itu.


 Phase C Data Architecture 2

Langkah 2 dari keempat domain ini, khususnya dalam domain data, adalah mengembangkan arsitektur data dasar. Deskripsi dasar adalah arsitektur data yang ada. Lagi pula, ini bisa sangat mudah didapatkan jika Anda memiliki layanan yang menyediakan data, jika Anda memiliki database, itu akan menjadi arsitektur Anda yang sudah ada sebagian besar. Anda harus memahami lapisan data dan bagaimana hal-hal tersebut diatasi, mungkin dibungkus dalam keamanan, dan sebagainya.


Jika data Anda tidak akan berubah terlalu banyak, jika konsep pelanggan dan bidang apa yang Anda kumpulkan, konsep widget dan bidang apa yang Anda kumpulkan, katalog produk Anda tidak berubah banyak, mungkin itu akan tetap utuh. Anda tidak perlu melakukan banyak hal jika data dan arsitektur tidak akan berubah.


Selain itu, Anda perlu mengidentifikasi segala blok bangunan arsitektur yang terkait dengan data, jika itu sudah ada di repositori arsitektur.


Pada langkah 1 fase ini, kami membuat sejumlah model menggunakan alat pemodelan, mengidentifikasi alat pemodelan mana. Jadi Anda akan mengambil model-model itu dan menggunakannya untuk mendefinisikan dasar Anda. Itu langkah 2, kita akan masuk ke langkah 3 dalam video berikutnya.

 Phase C Data Architecture 3

kita sekarang masuk ke langkah tiga dari arsitektur data, yaitu mengembangkan deskripsi arsitektur data target.

Pada langkah dua, kita mengembangkan baseline, langkah tiga kita beralih ke target. Sekali lagi, tingkat rincian yang diperlukan akan bergantung pada situasi, jadi tentu saja jika ada banyak perubahan data, aplikasi baru, layanan web baru, layanan Windows baru yang akan diluncurkan, maka Anda harus sangat mendetail dengan hal-hal ini. Dan jika secara umum sama, Anda dapat mengandalkan arsitektur dasar untuk menanganinya.

Tujuan dari arsitektur target selalu untuk mendukung visi arsitektur, sama di setiap fase.

Anda harus mengidentifikasi blok bangunan arsitektur data yang relevan, jika mereka ada di repositori arsitektur.

Sekali lagi, Anda dapat menggunakan model jika Anda telah melakukan pemodelan data pada langkah pertama, Anda dapat menggunakan model-model tersebut untuk mendukung arsitektur Anda pada langkah ini.

Kita terus melangkah, ini adalah tahap target, Anda tahu apa yang akan datang berikutnya, kita akan harus mendefinisikan kesenjangan.

 Phase C Data Architecture 4

 langkah 4: Melakukan Analisis Kesenjangan pada Arsitektur Data.


Anda memiliki baseline, Anda memiliki target, Anda akan membandingkannya secara berdampingan. Tentu saja, langkah 1 dari itu adalah memvalidasi arsitektur, memastikan itu lengkap, memastikan Anda tidak melewatkan bagian-bagian data, objek, entitas yang relevan dalam diagram mana pun sehingga saat Anda mengembangkan pandangan untuk setiap pemangku kepentingan yang berbeda, itu akan memberi mereka gambaran penuh dan tidak akan buta terhadap beberapa hal.


Pastikan arsitektur mengikuti prinsip-prinsip data Anda. Tentu saja, jika Anda memiliki prinsip-prinsip data yang membahas sejauh mana struktur data atom Anda, arsitektur berorientasi layanan, bagaimana hal-hal disajikan melalui layanan web, semua hal tersebut.


Anda akan memastikan bahwa desain dan definisi Anda mengikuti prinsip-prinsip dan tujuan ini.


Kembali dan bandingkan dengan persyaratan. Pastikan Anda telah mencakup setiap persyaratan. Jika Anda memiliki rencana untuk aplikasi baru, rencana untuk lini bisnis baru, pastikan semuanya tercakup dalam analisis data Anda di sini, dan akhirnya, dengan semua itu, Anda mengidentifikasi kesenjangan dan Anda akan tahu apa perbedaan antara target dan baseline, keluarkan dan katakan, "Oke, kita akan membutuhkan sejumlah besar tabel baru, kita akan membutuhkan sistem A berbicara dengan sistem B. Akan ada kebutuhan untuk layanan web, semacam layanan web untuk menyajikan data antara keduanya," dan itu adalah analisis kesenjangan Anda.

Itu akan masuk ke dalam peta jalan.

 Phase C Data Architecture 5

Langkah 5 dalam fase arsitektur data adalah mengidentifikasi komponen roadmap kandidat.

Anda seharusnya sangat familiar dengan ini, kami melakukannya melalui fase bisnis, tetapi sekarang Anda telah mengekstrak kesenjangan, kesenjangan tersebut masuk ke dalam peta jalan.

Perbedaan kunci dari analisis kesenjangan ditambahkan ke dalam peta jalan.

Anda belum memasukkannya ke dalam paket kerja, Anda belum menggabungkan domain bisnis, data, aplikasi, teknologi satu sama lain, ini hanya perbedaan data.

Peta jalan digunakan untuk memprioritaskan aktivitas, dan kami sudah menyebutkannya dalam bagian sebelumnya juga, tetapi semua ini masuk ke dalam fase E yang merupakan peluang dan solusi.

Jadi saat ini Anda hanya mengekstrak kesenjangan, mencantumkannya dalam daftar, dan itu menjadi komponen peta jalan kandidat.

 Phase C Data Architecture 6

Langkah 6 dari fase C pada fase arsitektur data adalah menyelesaikan segala dampak.


Anda telah melakukan analisis kesenjangan, membuat peta jalan, Anda tahu persis, Anda tahu apa yang perlu Anda lakukan, perbedaan antara baseline dan target.


Sekarang Anda mengangkat kepala, berdiri dari meja Anda, melihat sekeliling, memahami apa dampak dari ini.


Jika Anda akan mendistribusikan data Anda, katakanlah salah satu keputusan Anda adalah setiap kantor cabang akan memiliki salinan data sendiri daripada data disimpan di gudang pusat di kantor pusat, karena salah satu masalah Anda adalah setiap lokasi kesulitan mendapatkan akses waktu nyata ke datanya sendiri, nah, maka ada dampak yang lebih luas.


Ada dampak keamanan.


Ada cara aplikasi Anda dipartisi.


Apakah aplikasi Anda dapat menangani penyimpanan data lokal?


Apakah Anda akan menyamparkannya ke kantor pusat dan kemudian menyamparkannya kembali ke wilayah?

Atau itu benar-benar akan disamparkan ke dalam gudang data lokal di setiap wilayah?

Dari situ, Anda hanya kembali melalui desain ini dan memahami begitu Anda telah melakukan satu hal, bagaimana itu memengaruhi bagian lain dari proyek Anda.

Apakah itu memengaruhi arsitektur lain yang berada di luar cakupan domain Anda di sini?

Apakah ada perubahan lain di luar yang perlu diperhitungkan?

Mungkin ada proyek lain dan mereka menambahkan lebih banyak tabel dan mereka meningkat ke versi database berikutnya, atau mungkin mereka membuat keputusan yang bahkan lebih besar dari itu.

Jika perubahan-perubahan itu terjadi di luar, Anda perlu memperhitungkannya di dalam proyek Anda sendiri.

Tentu saja, jika Anda telah mulai membuat diagram data ini dan Anda mulai memahami di mana Anda berada, di mana Anda akan berada, Anda membuat blok bangunan data, blok bangunan solusi sekitar itu, apakah itu bisa dibagikan dengan orang lain untuk digunakan dalam proyek mereka sendiri?


Anda harus menyajikannya kepada pemangku kepentingan, jadi tetap terhubung untuk itu.

Phase C Data Architecture 7

kita masuk ke Langkah 7 dari Fase C, fase arsitektur data.

Inilah tempat Anda menyajikan desain arsitektur data Anda kepada pemangku kepentingan yang relevan.

Ini sangat sederhana dari perspektif TOGAF, pastikan bahwa arsitektur Anda sesuai dengan tujuan asli dan Pernyataan Kerja Arsitektur, jadi jika ada baris dalam Pernyataan Kerja Arsitektur yang membicarakan tentang kebutuhan akan layanan dan sistem untuk saling berkomunikasi, dan data untuk ditempatkan atau akses ke data.

Pastikan semuanya tercakup dan lakukan pertemuan, sajikan arsitektur data Anda kepada pemangku kepentingan, dapatkan umpan balik mereka, Anda mungkin harus pergi.

Mengubah ini atau itu, benar, mungkin Anda tidak memiliki jawaban untuk semua pertanyaan mereka, mungkin Anda melakukannya sehingga Anda pergi, Anda menyajikan pekerjaan Anda.

Anda entah mendapatkan persetujuan atau harus kembali dan membuat beberapa perubahan, dengan cara ini, ini adalah langkah untuk tinjauan pemangku kepentingan.

Kami hampir selesai jadi selanjutnya adalah Langkah 8, di mana Anda menyelesaikan arsitektur.

 Phase C Data Architecture 8

Baik, kita beralih ke langkah 8 dari Fase C, fase arsitektur data.

Langkah 8 membuat Anda memilih standar untuk masing-masing blok bangunan, dan ini bertujuan untuk mendorong sebanyak mungkin penggunaan kembali dari repositori arsitektur.

Anda perlu menyelesaikan semua dokumentasi, termasuk mendokumentasikan semua blok bangunan.

Anda harus melakukan pengecekan silang akhir arsitektur data Anda terhadap persyaratan bisnis secara keseluruhan, oke?

Anda membuat persyaratan bisnis pada fase terakhir, fase B. Sekarang Anda membuat persyaratan data, Anda harus memeriksa silang persyaratan data Anda terhadap persyaratan bisnis.

Akhirnya, ini dia, Anda menyelesaikan semua produk kerja Anda, termasuk analisis celah dan arsitektur target dan baseline, dan apa pun yang perlu Anda selesaikan.

 Phase C Data Architecture 9

Langkah sembilan dari Fase C, arsitektur data, adalah membuat dokumen definisi data, jadi kita sudah menjalani semua langkah-langkah untuk menyiapkan diri untuk mendapatkan persyaratan data dan sekarang kita akan membuat dokumen.

Salah satu hal yang masuk ke dalam dokumen definisi data adalah dasar pemikiran untuk beberapa keputusan tersebut yang kita buat.

Jadi, saat kita menjalani desain arsitektur dan menempatkan beberapa blok bangunan tertentu, kita harus mendokumentasikan dasar pemikiran.

Mengapa kita meletakkan ini di sini?

Mengapa sistem entri pesanan berisi komponen-komponen ini?

Kita harus membuat bagian arsitektur data dari dokumen definisi arsitektur itu, dan itu termasuk model data bisnis, model data logis, proses manajemen data, entitas data masukan, matriks fungsi bisnis.

Dan ini semua adalah artefak yang termasuk dalam definisi arsitektur di bagian arsitektur data.

Jadi, itu saja untuk langkah-langkah arsitektur data, berikutnya kita akan membahas arsitektur aplikasi, yang merupakan separuh kedua dari Fase C.



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda