Minggu, 28 Januari 2024

Fitur Nstreme Dual: Cara Mendapatkan Kecepatan Transfer Data yang Lebih Tinggi

Fitur nstream dual pada wireless tables winbox mikrotik adalah fitur yang memungkinkan router MikroTik berfungsi sebagai wireless client dengan mode full duplex. Fitur ini menggunakan protokol proprietary Nstreme Dual yang hanya didukung oleh perangkat MikroTik.

Pengertian dan Cara Kerja

Mode station standar pada router MikroTik hanya dapat bekerja secara half duplex, yaitu data hanya dapat dikirim atau diterima pada satu waktu. Hal ini dikarenakan mode station standar hanya menggunakan satu antena wireless.

Fitur nstream dual memungkinkan router MikroTik untuk menggunakan dua antena wireless secara bersamaan untuk melakukan transmisi dan penerimaan data. Hal ini membuat koneksi wireless menjadi full duplex, sehingga dapat meningkatkan kecepatan transfer data dan stabilitas koneksi.

Fitur nstream dual bekerja dengan menggunakan protokol Nstreme Dual. Protokol ini menggunakan teknik Time Division Multiple Access (TDMA) untuk membagi waktu transmisi dan penerimaan data secara merata antara dua antena wireless.

Kelebihan Fitur Nstreme Dual

Fitur nstream dual memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan mode station standar, yaitu:

  • Kecepatan transfer data yang lebih tinggi
  • Stabilitas koneksi yang lebih baik
  • Jarak jangkauan yang lebih jauh

Kecepatan transfer data yang lebih tinggi disebabkan oleh fakta bahwa fitur nstream dual dapat mengirimkan dan menerima data secara bersamaan. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan transfer data hingga dua kali lipat dibandingkan dengan mode station standar.

Stabilitas koneksi yang lebih baik disebabkan oleh fakta bahwa fitur nstream dual dapat menggunakan dua antena wireless untuk melakukan transmisi dan penerimaan data. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi gangguan sinyal dan meningkatkan kualitas koneksi.

Jarak jangkauan yang lebih jauh disebabkan oleh fakta bahwa fitur nstream dual dapat menggunakan dua antena wireless untuk melakukan transmisi dan penerimaan data. Hal ini dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan sinyal dan meningkatkan jarak jangkauan koneksi.

Konfigurasi Fitur Nstreme Dual

Fitur nstream dual dapat dikonfigurasi melalui menu wireless pada winbox. Untuk mengaktifkan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik menu wireless.
  2. Klik tab station.
  3. Klik tombol add untuk menambahkan interface wireless baru.
  4. Pada kolom interface, pilih interface wireless yang akan digunakan sebagai wireless client.
  5. Pada kolom mode, pilih mode nstream-dual.
  6. Pada kolom ssid, masukkan SSID dari jaringan wireless yang akan dihubungkan.
  7. Pada kolom bssid, masukkan BSSID dari AP yang menyediakan jaringan wireless.
  8. Klik tombol ok untuk menyimpan konfigurasi.

Setelah fitur nstream dual diaktifkan, router MikroTik akan mencoba untuk terhubung ke jaringan wireless yang dipilih. Jika koneksi berhasil, router MikroTik akan mendapatkan alamat IP dari DHCP server yang ada di jaringan wireless tersebut.

Penggunaan Fitur Nstreme Dual

Fitur nstream dual dapat digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain:

  • Menghubungkan router MikroTik ke jaringan wireless publik atau privat dengan jarak jangkauan yang jauh
  • Membangun jaringan wireless PTP (point-to-point) dengan kecepatan yang tinggi
  • Memperluas jangkauan jaringan wireless

Berikut adalah beberapa contoh penggunaan fitur nstream dual:

  • Menghubungkan router MikroTik ke jaringan wireless publik atau privat dengan jarak jangkauan yang jauh

Fitur nstream dual dapat digunakan untuk menghubungkan router MikroTik ke jaringan wireless publik atau privat yang berada di jarak yang jauh. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua antena wireless yang saling berhadapan.

  • Membangun jaringan wireless PTP (point-to-point) dengan kecepatan yang tinggi

Fitur nstream dual dapat digunakan untuk membangun jaringan wireless PTP (point-to-point) dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua antena wireless yang saling berhadapan dan diarahkan ke satu sama lain.

  • Memperluas jangkauan jaringan wireless

Fitur nstream dual dapat digunakan untuk memperluas jangkauan jaringan wireless. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan dua antena wireless yang saling berhadapan dan diarahkan ke arah yang berbeda.

Kesimpulan

Fitur nstream dual pada wireless tables winbox mikrotik merupakan fitur yang sangat berguna untuk meningkatkan performa jaringan wireless. Fitur ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja. 

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda