Sabtu, 20 Juni 2020

Togaf - Konsep Inti - Pengiriman


Dalam pelajaran ini, kita akan membahas kiriman, artefak, dan blok bangunan, yang merupakan konsep inti lainnya dari spesifikasi TOGAF. Saat Anda menjalani siklus ADM (Architecture Development Method) dan mulai membuat dokumen, ini menjadi kiriman. Hasil kerja ini "ditentukan secara kontrak, ditinjau, disepakati ke dan ditandatangani oleh para pemangku kepentingan." Ketika Anda membuat peta jalan, persyaratan, definisi, atau rencana implementasi, Anda secara kontraktual berkewajiban untuk membuat dokumen-dokumen ini, dan mereka menjadi keluaran dan hasil dari proses tersebut.

Artefak, di sisi lain, adalah produk karya arsitektur. Ini berarti saat Anda membuat output ini, Anda bisa membuat diagram, daftar, matriks, atau bahkan hanya mencatat informasi pemangku kepentingan seperti judul, alamat email, dan informasi kontak mereka. Artefak ini mungkin tidak selalu dimasukkan ke dalam dokumen aktual, tetapi Anda membuatnya karena membutuhkan daftar pemangku kepentingan atau informasi yang masuk ke dalam repositori arsitektur, yang akan kita bahas lebih lanjut.

Blok Bangunan adalah elemen penting yang mungkin tidak dibahas secara rinci dalam TOGAF, tetapi Anda harus memahami bahwa arsitektur terdiri dari blok bangunan. Ketika Anda menyatakan bahwa Anda membutuhkan sistem entri pesanan, Anda sebenarnya tidak merancang sistem tersebut secara spesifik. Anda hanya memberikan pandangan tingkat tinggi, menggambarkan bahwa kita membutuhkan sistem entri pesanan yang dapat menerima, mengubah, menghapus, dan mengarsipkan pesanan. Sistem entri pesanan menjadi blok bangunan dalam konteks ini.

Blok Bangunan Arsitektur adalah seperti persyaratan, seperti contoh sistem entri pesanan. Hal ini disebut ABB (Architectural Building Block). Blok Bangunan Solusi, di sisi lain, adalah implementasi aktual dari ABB tersebut. Jika Anda memiliki sistem entri pesanan yang dapat digunakan dalam berbagai skenario, itu menjadi Blok Bangunan Solusi. Ada hubungan antara Blok Bangunan Arsitektur dan Blok Bangunan Solusi, dan keduanya berada di bawah kategori Blok Bangunan.

Kita akan membahas bagaimana Blok Bangunan ini dapat diabstraksikan. Mereka bisa sangat spesifik, seperti sistem entri pesanan, atau sangat umum. Blok-blok bangunan ditempatkan di dalam kontinum perusahaan, yang akan kita bahas lebih lanjut dalam pembahasan selanjutnya.

Label: , ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda