Sabtu, 20 Juni 2020

Togaf - Konsep Inti - Enterprise Continium

Dalam pelajaran ini, kita sedang membahas Enterprise Continuum, yang merupakan salah satu konsep inti dari TOGAF 9.1 spec. Jadi, apa itu Continuum Perusahaan? Kata "Continuum" sebenarnya tidak memberi tahu Anda secara langsung apa artinya. Secara umum, kontinum dalam hal ini mengacu pada garis atau spektrum, dan Anda dapat memetakan arsitektur Anda di sepanjang garis ini. Untuk arsitektur perusahaan yang lebih spesifik, itu akan berada di sebelah kanan garis, tetapi semakin generik, akan dipetakan ke kiri.

Ide dasarnya adalah bahwa Anda dapat mencari solusi umum yang ada untuk industri Anda atau untuk bisnis secara umum. Anda dapat mengambil solusi generik dari organisasi lain, membawanya ke perusahaan Anda, dan menggunakannya untuk membuat arsitektur Anda. Ini sebenarnya hanya cara untuk melihat Repositori Arsitektur, bukan sesuatu yang terpisah. Ini adalah cara mengklasifikasikan item dalam repositori arsitektur Anda menjadi sangat generik, sistem, atau pondasi khusus industri atau umum di sebelah kiri, dengan yang paling generik di sebelah kiri dan yang paling spesifik di sebelah kanan.

Ada empat klasifikasi dalam Enterprise Continuum dalam TOGAF:

Arsitektur Pondasi: Ini adalah klasifikasi yang paling umum. Contohnya adalah TRM (Technical Reference Model), yang sangat umum dan dapat diterapkan pada berbagai situasi perusahaan.

Arsitektur Sistem Umum: Ini adalah layer yang sedikit lebih spesifik daripada arsitektur pondasi. Contohnya adalah III-RM (Integrated Information Infrastructure Reference Model), yang merupakan model layanan perangkat lunak dalam TOGAF. Meskipun lebih spesifik, masih berlaku untuk banyak situasi.

Arsitektur Industri: Klasifikasi ini lebih spesifik untuk industri tertentu. Contohnya, jika Anda berada di industri perbankan, Anda dapat mengambil arsitektur industri dari industri perbankan atau dari industri lain yang sesuai.

Arsitektur Spesifik Organisasi: Ini adalah klasifikasi yang paling spesifik, berada di sisi kanan kontinum. Ini mencakup arsitektur yang dikembangkan khusus untuk organisasi tertentu.

Ada video lain dalam kursus ini yang lebih mendalam tentang Enterprise Continuum, dengan diagram lebih lanjut. Saya sarankan untuk melihatnya jika Anda ingin memahami konsep ini lebih rinci. Ini adalah salah satu konsep inti dari TOGAF yang membutuhkan sedikit waktu untuk benar-benar dipahami.

Selanjutnya, kita akan membahas hal-hal yang sedang diklasifikasikan, yaitu isi dari repositori arsitektur. Jadi, tetaplah di sini untuk itu.

Label: , ,

1 Komentar:

Pada 1 November 2020 pukul 00.08 , Blogger Mr.Z mengatakan...

Terima kasih

Belajar Bahasa Indonesia

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda